Minggu, 09 September 2007

Cigarettes Paper cap Begisar



Jenis rancangan : kemasan

Jenis produk : kertas tembakau

Nama produk : Cigarettes paper cap Begisar

Nama Produsen : N/A

Alamat produk : N/A

Nomor daftar legal : 98166

Lembaga berwenang : N/A

Nomor hak paten : N/A

Dimensi : 75 mm x 45 mm

Warna : background hijau dengan gambar ayam begisar berwarna merah dan putih

Teknik Produksi : sablon

Material : Kertas

Visual yang nampak : gambar ayam begisar nampak pada bagian tengah dari kemasan produk tersebut. Border kotak mengelilingi gambar begisar tersebut, disertai nama produk dan keterangan-keterangan lain dengan menggunakan jenis tulisan sans serif berwarna putih. Background menggunakan 1 warna blok, yaitu ungu dan hijau.

Kenapa menggunakan gambar ayam begisar untuk suatu produk kertas tembakau? Mungkin untuk menggambarkan bahwa yang menggunakan kertas tembakau tersebut, merupakan orang yang mempunyai strata sosial yang lumayan, alias berduit.
Mengenai asal-usul Ayam Bekisar yang disebut-sebut berasal dari Madura, konon tidak lepas dari diasingkannya seorang keturunan putera raja Mataram yang bernama Begisar. Sekitar tahun 1700-an, Begisar diasingkan di Pulau Kangean. Tetapi mengenai sebab musabab Begisar diasingkan di tempat itu, hingga kini tidak diketahui secara pasti.Saat menjalani pengasingan itulah, Begisar mencoba mengawinkan ayam hutan hijau jantan (gallus varius) dengan ayam kampung betina (gallus domestica). Keturunan dari hasil kawin silang itu kemudian dipersembahkan kepada pejabat atau penguasa setempat sebagai tanda mata. Berdasar hal itu, akhirnya diketahui bahwa Begisar memiliki makna cendera mata. Hingga kini Ayam Begisar atau akrab dengan sebutan Ayam Bekisar selalu dipersembahkan sebagai cendera mata (souvenir) kepada kalangan tertentu yang memiliki ‘kekuasaan’.





Tidak ada komentar: