Minggu, 16 September 2007

Laporan Kegiatan Kelompok; Jumat 14 September 2007

Hari ini, kelompok kami berkumpul di perpustakaan Untar (Gedung R lt.8) dengan tujuan mencari buku-buku yang berkaitan dengan budaya Aceh dan Tionghoa. Kelompok kami tidak merencanakan tujuan yang jauh-jauh terlebih dahulu; hal ini dikarenakan pada akhir minggu ini banyak sekali tugas-tugas kuliah lain yang harus diselesaikan karena sudah mendekati UTS. Perpustakaan Untar pun ternyata memiliki data yang cukup banyak dan lengkap, terutama kliping-kliping koran lama yang telah diklasifikasikan menurut bidang yang dibahas. Beberapa diantaranya kami ambil dan kami teliti bersama-sama. Kebanyakan kumpulan kliping yang kami ambil adalah kliping sejarah, selain itu ada juga kliping sosial budaya, seni dan bahasa.
Beberapa artikel yang kami pilih karena memiliki kaitan dengan budaya Aceh-Tionghoa, maupun hal-hal yang berkaitan dengan pembahasan label yang telah kami buat adalah sebagai berikut:
1. Artikel surat kabar : BUANA MINGGU;
Tanggal/hal : 1988-11-27-X/1-4
Subjek : Kesenian
Judul artikel : KHASANAH BUDAYA NUSANTARA – “Mengenal Ragam Hias Minangkabau”
2. Artikel surat kabar : BERITA BUANA;
Tanggal/hal : 1986-05-10-IV/6-9
Subjek : Seni
Judul artikel : ANDAIKATA SENJATA TRADISIONAL BISA BICARA (2) – “Motif Naga Datang dari Cina ”

Ada juga 2 buah artikel dari bidang Bahasa, mengenai “Sejarah Perkembangan bahasa Indonesia” dan “Penyusupan Kata Asing dalam Bahasa Indonesia”. Sayangnya data ini kehilangan sumbernya ketika kami copy. Untuk itu mungkin hanya 2 data di atas yang dapat kami posting terlebih dahulu.. Sementara sumber data yang kurang lengkap ini akan kami perbaiki segera dan diposting kemudian.

Tidak ada komentar: